Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil Yang Benar

Jika pada kesempatan yang sebelumnya kami telah membahas secara lengkap tips otomotif tentang penyebab ac mobil bau, sekarang ini team otosite.net masih membahas seputar informasi tips otomotif. Dan pada kesempatan ini yang akan kami coba bahas yaitu Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil Yang Benar. Bagi sobat yang merasa kaca film mobilnya bermasalah, tidak ada salahnya jika menyimak ulasan tips otomotif dibawah ini.


Kaca Film Mobil merupakan salah satu aksesoris mobil yang memiliki peranan penting dalam menjaga kenyamanan berkendara, selain mampu menghalau silau matahari secara langsung ke mata,kaca film mobil juga memiliki manfaat untuk menolak sinar ultraviolet yang bisa mengganggu kesehatan kulit. Manfaat kaca film mobil lainnya yang tidak kalah penting yaitu mampu memberikan nilai keindahan. Dengan berbagai manfaat yang ada, sudah semesetinya jika para pemilik mobil harus Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil

Jenis Kaca Film Mobil

Mungkin sebelum kami membahas secara terpirinci bagimana Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil yang benar, untuk menambah pengetahuan sobat kami akan sedikit menjelaskan mengenai Jenis Kaca Film Mobil berdasrkan fungsinya. Saat ini ada 3 jenis kaca film mobil yang berada dipasaran diantaranya kaca film pengamanan, kaca film artistik, dan kaca film penolak panas. Dari 3 jenis kaca film yang kami sebutkan masing masing memiliki fungsi yang berbeda. Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui fungsi detailnya.
Kaca Film Pengaman
Jenis kaca film mobil yang satu ini pada umumnya dipasang untuk kegunaan privasi atau pengamanan pada ruangan mobil yang menyimpan barang barang berharga seperti uang, gadget dan masih banyak yang lainnya. Kaca Film Pengaman mempunyai ciri yaitu mempunyai intensitas kegelapan yang sangat padat hampir 90% yang mana orang yang berada di luar tidak bisa melihat isi jeroan mobil.
Kaca Film Artistik
Sedangkan untuk jenis kaca film artistik memiliki fungsi untuk kegiatan dekorasi atau modifikasi sebuah kaca grafir, dengan menggunakan jenis kaca film mobil yang satu ini berbagai karya seni dan model bisa dibuat untuk membuat tampilan mobil lebih ciamik dan cantik. Untuk ciri Kaca Film Artisitik sendiri kegelapannya dibawah 90% dan untuk warnanya pun cukup variasi.
Kaca Film Mobil Penolak Panas
Dan untuk jenis kaca film penolak panas pada umumnya digunakan pada mobil mobil terbaru yang sudah di dukung dengan teknologi terbaru yang memiliki kemampuan menyerap panas dan mampu memantulkan sinar ultraviolet. Dengan kemampuan kaca tersebut, membuat udara yang ada pada ruangan mobil tetap segar dan yang terpenting penglihatan pun tidak silau.

Cara Membersihkan Kaca Film Mobil Yang Benar

Itulah 3 Jenis Kaca Film Mobil yang bisa sobat ketahui, kembali lagi ke pembahasan utama mengenai Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil. Yang perlu diketahui, antara membersihkan dan merawat kaca film mobil itu prosesnya beda maka dari itu kami akan menjelaskan satu persatu satu supaya sobat tidak bingung dalam melakukan perawatan atau membersihkan kaca film mobil. Dari pada penasaran mendingan langsung saja menyimak Cara Membersihkan Kaca Film Mobil berikut ini.
Bersihkan Menggunakan Kemoceng Bulu Ayam
Di saat musim kemarau tentunya kondisi jalanan akan berderu dan kering, pada kondisi yang seperti itu pastinya yang namanya debu yang akan dijalanan menempel pada kaca mobil.  Sebaiknya untuk membersihkan debu kering yang menempel pada kaca dengan menggunakan kemoceng bulu ayam yang dilanjutkan dengan menggunakan kain yang mempunyai bahan yang halus hal ini untuk menghindari goresan yang disebabkan debu tersebut.
Menyiram Bilas dan Kaca Film Mobil
Jika pada musim kemarua cara membersihkan kaca film mobil cukup dengan menggunakan kemoceng bulu ayam dan kain halus, namun cara tersebut tidak bisa diterapkan ketika musim hujan telah tiba. Untuk membersihkan kaca film mobil dari air hujan yaitu dengan sesegera mungkin menyiram dan membilas kaca mobil dari air hujan yang mengandung asam yang bisa mengurangi kualitas dari kaca film mobil.
Jangan Menggunakan Bahan Kimia
Cara Membersihkan Kaca Film Mobil yang selanjutnya hindari penggunaan bahan kimia apa pun untuk menghindari kaca mobil. Penggunaan bahan kimia dan alkohol untuk membersihkan kaca film mobil dapat mengurangi  fungsi peredam panas sinar matahari, selain itu jug dapat membuat kaca menjadi buram dan lapisannya rusak.

Cara Merawat Kaca Film Mobil Agar Tidak Kusam dan Awet

Kiranya itu yang bisa kami informasikan kepada sobat tentang Cara Membersihkan Kaca Film Mobil, sebagai tambahan saja untuk proses pengelepan sebaiknya gerakannya dengan satu arah ataupun gerakan mutar untuk menghindari kaca tergores. Lalu untuk mengetahui Cara Merawat Kaca Film Mobil Yang Benar agar tidak kusam dan awet, berikut ini penjelasan yang bisa sobat terapkan.
Perhatikan Kondisi Wiper
Cara Merawat Kaca Film Mobil pertama yang bisa sobat lakukan dengan memperhatikan kondisi wiper, kaca film mobil dan wiper dual hal yang tidak bisa dipisahkan. Maka dari itu harus selalu mengecek kondisi wiper, karena jika kondisi wiper tidak baik maka kaca film mobil kemungkinan besar akan tergores. Dan salah satu ciri wiper yang kondisinya sudah tidak bagus yaitu karet tidak lentur atau untuk menyapu air terlihat pecah pecah. Jika kondisi wiper sudah seperti itu sebaiknya langsung diganti.
Hindari Penggunaan Alkohol dan Bahan Kimia
Cara Merawat Kaca Film Mobil yang kedua yaitu usahakan jangan membersihkan kaca film mobil dengan menggunakan cairan kimia ataupun alkohol, seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa bahan kimia dapat mengurangi kinerja fungsi peredam panas sinar matahari. Namun jika sobat ingin menggunakan alkohol, gunakan alkohol atau bahan kimia yang memiliki pH normal (7).
Perhatikan Kotoran Yang Ada Sela Karet Jendela
Cara Merawat Kaca Film Mobil yang ketiga yakni selalu memperhatikan kotoran yang menempel pada sela sela karet pada jendela mobil. Apabila yang menempel pada karet jendela kotoran jenis butiran pasir kecil, sebaiknya sobat langsung membersihkannya. Karena jika dibiarkan begitu saja kemunginan besar akan mengores pada bagia kaca film mobil.
Mengelap Embun Hingga Kering
Dan Cara Merawat Kaca Film Mobil yang terakhir yaitu mengelap embun hingga benar benar kering, biasanya adanya embun pada kaca mobil sering terjadi ketika pada musim penghujang. Dan embun yang biasa dibiarkan begitu saja menempel pada film kaca mobil akan menimbulkan jamur pada kaca yang tentunya akan susah dihilangkan apabila sudah lama.
Cukup mudah bukan untuk Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil? kami rasa dengan menerapkan cara yang kami sebutkan diatas,kaca film mobil sobat akan terjaga kualitasnya.  Namun yang perlu kami tekankan disini, meskipun secara teknik Merawat Kaca Film Mobil ini mudah namun butuh konsisten yang tinggi untuk menjaga kondisi kaca film mobil agar selalu bagus.

Previous
Next Post »