Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Menggunakan Kaca Film


Menggunakan kaca film saat ini sudah hampir menjadi salah satu keharusan pemilik mobil saat ini. Hal ini disebabkan karena kaca film mobil bertujuan untuk menahan panas dari sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Untuk pengendara mobil di kota besar, hal ini sangat penting karena cuaca siang hari sangat terik. Namun ada juga pemilik yang gemar tampil ‘transparan’ tanpa menggunakan kaca film.

Menurut pendapat Direktur PT Maxpro Adi Perkasa, Andre Susanto menggunakan pelapis kaca film atau tidak sangat bergantung dengan selera konsumen. Tidak ada sebuah keharusan atau resiko apapun jika mobil tidak menggunakan kaca film. Hanya saja saat siang hari tentu efeknya akan terasa panas sekali.

Kemudian timbul pertanyaan, adakah kaitan antara memasang kaca film dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit? Karena selama ini banyak sekali pemilik mobil yang menganggap kaca film menjadi salah satu faktor pendukung untuk menggunakan bahan bakar lebih irit.

Penggunaan kaca film mobil ternyata tidak ada pengaruhnya secara langsung dengan tingkat konsumsi bahan bakar mobil. Pemasangan kaca film mobil hanya akan membuat kabin menjadi lebih sejuk sehingga pengguna mobil tak perlu memasang pendingin udara (AC) di suhu maksimal.

Dengan menyetel suhu AC pada kapasitas maksimum, maka akan membuat kerja mesin mobil menjadi lebih berat. Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan dengan menyalakan AC di suhu minimum karena kondisi kabinnya sudah sejuk.

Oleh sebab itu, dengan suhu kabin yang sejuk pemilik tidak perlu menyetel suhu AC dengan berlebihan. Ketika kabin mobil sudah terjaga suhunya, maka kompresor AC tidak perlu bekerja terlalu keras. Sedangkan ketika suhu kabin panas, kompresor akan bekerja terus sehingga menyebabkan bahan bakar mobil lebih boros. Hal inilah yang menyebabkan kaca film memiliki korelasi dengan penghematan bahan bakar. Namun bukan berarti hanya dengan memasang kaca film, bahan bakar mobil akan langsung lebih irit ya.

Merawat dan menjaga kondisi mobil dalam keadaan baik merupakan hal terpenting untuk membuat mobil dalam kondisi terbaik. Hal ini tentunya akan membuat penggunaan bahan bakar lebih baik. Makada dari itu jaga selalu kendaraan anda dalam kondisi terbaik ya. 

Previous
Next Post »