Cara Menghilangkan Bunyi Mencuit pada Karet Wiper

Karet wiper yang yang berderit atau mencuit sangat mengganggu dan bisa membuat pengemudi atau penumpang merasa kesal! Tidak ada cara yang sempurna untuk mengatasi masalah ini, namun ini ada beberapa cara yang mungkin bermanfaat.

Langkah





1 Pastikan wiper dapat bergerak dengan baik. 
Jika Anda ingin wiper tidak berderit atau mengeluarkan suara saat bergerak di permukaan kaca, hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencoba salah satu cara di bawah ini adalah memastikan wiper dapat bergerak ke kedua sisi kaca. Gagang wiper tidak boleh tampak "menusuk" kaca atau tetap lurus, namun harus mampu bergerak mengikuti lengkungan kaca saat mengusap. Untuk memperbaiki gagang wiper, cukup putar ke arah yang sesuai hingga wiper kembali mampu mengusap kedua arah kaca. Setelah itu, wiper tidak akan mengeluarkan suara berderit lagi. 




2 Cuci kaca depan hingga bersih.
 Coba salah satu produk ini (namun jangan semuanya sekaligus): 
Windex 
Cuka 
Soda kue (taburkan ke tisu lembap) 



3 Ganti karet wiper secara teratur. 
Karet pengganti tidak terlalu mahal harganya, jadi Anda bisa memilih salah satu yang berkualitas. Ganti setidaknya setahun sekali sebelum musim hujan. 



4 Isi kembali cairan penyemprot kaca. 
Banyak wiper akan "melompat" pada permukaan kaca yang tidak cukup basah. Jadi periksa ketinggian cairan pembersih kaca dan tambahkan jika perlu. 




5 Lembutkan karet wiper. 
Coba salah satu cara berikut ini: 
Gunakan WD40: Semprotkan sedikit WD 40 pada tisu dan usapkan ke wiper yang berbunyi. Hati-hati, produk berbahan dasar minyak seperti WD 40 bisa mengikis karet, serta membuatnya kering dan kasar. Lama-kelamaan, karet juga akan hancur jika Anda menggunakan terlalu banyak WD40. 
Gunakan cairan alkohol. Alkohol tidak akan merusak karet wiper. Basahi tisu dengan alkohol. Usapkan ke karet wiper. Alkohol akan membersihkan karet wiperdari kotoran dan minyak. Ulangi hingga seluruh permukaan wiper bersih dari kotoran dan debu. 
Anda tidak perlu melembutkan karet wiper yang telah digunakan selama 1 tahun atau lebih, cukup lepaskan dan ganti dengan yang baru. 




6 Periksa apakah gagang wiper dan rangkaian karet wiper terlalu longgar atau kencang. 
Rangkaian yang terlalu kencang atau longgar juga bisa menyebabkan timbulnya suara mencuit. 





7 Jika ada baru saja menggunakan Rain-X atau memoleskan wax dan mendengar suara berderit, bersihkan produk itu dengan cairan pemoles biasa. Rain-X dan sejenisnya akan membentuk lapisan film yang menyebabkan keluarnya suara pada wiper. 




8 Ganti keseluruhan wiper. Seiring waktu, pemakaian, dan kerusakan, gagang karet wiper akan berubah bentuk. Jika wiper tidak lagi mengikuti bentuk lengkungan kaca depan, saatnya untuk mengganti dengan yang baru. 

Tips

Jika Anda punya waktu luang, coba beberapa cara di atas bila salah satunya tidak berhasil mengatasi masalah Anda. 
Setelah mendapatkan rangkaian wiper yang baru, pastikan untuk mencatat merek dan ukurannya agar Anda tidak repot di kemudian hari. 
Pastikan kaca depan Anda bersih tanpa lapisan wax dan minyak karena keduanya akan membuat kaca amat licin dan menimbulkan masalah. 
Seka ujung wiper dengan alkohol sekali sebulan (Anda bisa membeli cairan alkohol di apotek). Alkohol akan melenyapkan minyak dan kotoran, serta dapat membuat karet wiperAnda lebih awet. Anda mungkin perlu menyeka wiper lebih sering di musim dingin, untuk menghilangkan garam jalanan yang terlontar ke kaca depan, atau saat Anda sering melalui jalanan tanah. Jika pegangan karet wiper menampakkan warna grafit, artinya pegangan itu telah dilengkapi dengan lapisan antibising, seka dengan hati-hati agar lapisan itu tidak hilang. 


Peringatan

Jangan gunakan wiper saat kaca depan membeku karena dapat mengerosi karet wiper. 
Jangan poles kaca depan anda dengan wax karena akan membuat kaca amat licin dan menyulitkan Anda untuk melihat jalanan saat cuaca buruk. 
Saat mengganti pegangan wiper, mungkin Anda perlu beberapa kali mencoba, karena pegangan wiper ini tergantung pada jenis mobil anda. 
Jangan ikuti mobil di depan Anda terlalu dekat. Cipratan dari mobil depan mungkin mengandung benda-benda yang dapat menyebabkan wiper berderit. Lapisan film pada kaca depan Anda pun akan terbentuk lebih cepat saat hujan baru saja turun. 
Jangan gunakan detergen sebagai cairan semprotan wiper karena akan menyebabkan kaca mobil Anda berderit.

Previous
Next Post »