Panduan Membeli Sound System Mobil Terbaik untuk Pemula




Mendengarkan alunan musik di dalam mobil tentu menyenangkan, apalagi kini berkat kemajuan teknolgi multimedia semakin memanjakan pengguna kendaraan. Audio mobil bukan lagi sebagai pelengkap tetapi kini difungsikan sebagai hiburan multimedia. Tapi Head unit standar tidak dibekali kontrol audio yang lengkap,sehingga kualitas suaranya biasa saja. Hal ini berbeda dengan Perangkat Audio Mobil aftermarket. Piranti Audio aftermarket memiliki fitur dan teknologi multimedia lebih kompleks. Sehingga bukan saja digunakan untuk mendengarkan musik tapi dapat digunakan untuk hiburan multimedia seperti menonton filem video. Berikut panduan sebelum membeli perangkat audio system untuk mobil kamu: 


1. Cari Informasi terlebih dahulu

Sebelum membeli perangkat audio mobil, jangan berasumsi produk mahal sudah pasti bagus. Banyak Importir dengan gencar mempromosikan produknya supaya dikenal orang. sehingga harga perangkat audio tersebut mahal padahal kualitasnya biasa saja. Perhatikan spesifikasi audio mobil tersebut pada buku manual. Istilah RMS adalah acuan yang dugunakan untuk menilai daya murni dari piranti audio tersebut. Hal ini berbeda dengan PMPO dimana dayanya lebih besar dan bukan menjadi acuan untuk menilai daya tersebut. Jika head unit kamu memiliki daya yang kecil pilih speaker dengan sensitivitas tinggi sekitar 90dB. Semakin tinggi sensitivitas semakin efisien daya yang dibutuhkan. 

2. Perhatikan Kelengkapan fitur Head unit

Head Unit yang baik mutunya sudah tentu memiliki fitur kontrol audio yang lengkap. Pilih yang memiliki jalur koneksi audio pre out, Front, Rear, Subwoofer. Hal ini berguna jika kamu ingin menambahkan amplifier untuk mobil. Fitur Equalizer digunakan untuk menyesuaikan frekuensi dari setiap aliran musik yang berbeda. Digital Time alightment cukup penting dalam hal staging suara dimana posisi suara dari speaker antara kiri dan kanan jaraknya berbeda. Hal ini tentu saja berdampak buruk untuk stereo system. Time alightment dapat mendelay suara yang datang sehingga suara datangnya secara bersamaan. Disamping itu fitur ini juga dapat membuat suara bass terdengar dari arah depan padahal subwoofer diletakan di belakang. Croosover HPF/ LPF berfungsi untuk memotong batas frekuens yang ingin diloloskan. Fitur Fader, Balance dapat kita ketahui pemasangan RCA Head unit apakah sudah benar atau belum. 


3. Memilih Speaker Mobil

Jika Speaker kendaraan kamu suaranya masih kurang, gantilah dengan Speaker mobil standar yang lebih baik kualitasnya. Semua kendaraan memang sudah terpasang speaker bawaan pabrik, tapi kualitanya tentu saja masih kurang memadai. Banyak Toko audio mobil menjual berbagai merek Speaker mobil. Sebelum membeli, perhatikan dahulu spesifikasinya, serta berapa daya yang sesuai untuk kebutuhan audio mobil kamu. Jika kamu menggunakan amplifier,sebaiknya memilih speaker mobil jenis split. Speaker ini memiliki kualitas yang lebih baik karena komponenya dibuat secara terpisah. Komponen speaker tersebut terdiri midrange,tweeter dan crossover pasive. Speaker coaxial dibuat lebih sederhana, karena semua driver terletak pada satu konus woofer. Disamping itu, untuk instalasi lebih mudah serta praktis.


4. Sesuaikan dengan selera musik Anda

Jika kamu ingin membeli perangkat audio system mobil tanyakan dahulu pada instalatur. Produk yang mana yang sesuai dengan karakter musik yang kamu inginkan. Instalatur tentu akan memberi masukan perangkat audio yang cocok berdasarkan kriteria yang kamu inginkan. Sesuaikan dengan selera musik kamu, jika kamu gemar mendengarkan musik jazz atau instrument subwoofer berdaya besar tidaklah cocok. Lain hal jika kamu gemar mendengarkan musik Hip Hop amplifier dengan subwoofer berdaya besar tentu lebih maksimal. Hal ini dikarenakan aliran musik tersebut lebih dominan suara bass. Pastikan audio system mobil yang hendak kamu beli sudah sesuai dengan kriteria dan harganya. 


5. Pasang peredam untuk mengatasi kebisingan 

Mendengarkan musik tentu akan terganggu jika suara kendaraan kamu terdengar bising dari luar. Apalagi jika menggunakan subwoofer berdaya besar. Hentakan suara bass bahkan sampai menggetarkan kabin mobil. Pasang peredam untuk mengatasi kebisingan dari luar, hal ini sangat membantu untuk meningkatkan kualitas suara audio system mobil kamu. Perangkat audio mobil yang mahal,tidak akan bekerja dengan baik jika saat mendengarkan musik terdengar suara bising dari luar. Peredam biasanya dipasang pada pintu kendaraan depan dan belakang. Akan lebih baik jika dipasang pada lantai karena akan meredan suara mesin yang masuk ke dalam kabin kendaraan. 


6 Sesuaikan ukuran dashboard mobil Anda

Setiap kendaraan terbaru memiliki ukuran Double Din untuk dipasang Head unit. Pastikan ukuran dashboard kendaraan kamu memiliki ukuran yang sesuai dengan head unit. Tidak semua kendaraan sesuai ukuranya, contohnya adalah mobil Inova, Mazda, Pajero Sport, Ertiga. Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya menggunakan frame khusus untuk kendaraan tersebut. Untuk kendaraan Pajero sport, New CRV terbaru kamu harus menggunakan frame dan MID supaya dapat dikoneksikan dengan remote steer.

SUMBER
Previous
Next Post »