Tips Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin


AC merupakan komponen utama sebuah mobil dalam mendapatkan kenyamanan. Oleh karena itu AC termasuk menjadi prioritas dalam hal perawatan. AC yang tidak mengeluarkan hawa dingin lagi tentunya banyak membuat kerugian, selain penggunaan bahan bakar yang terbuang sia-sia, AC yang dibiarkan tidak dingin dalam jangka waktu lama akan memiliki resiko kerusakan.

Berikut tips cara merawat AC mobil
  1. Kebersihan didalam mobil sangat penting, terutama karpet bagian depan. Usahakan karpet bagian depan selalu bersih ketika AC di hidupkan. Kotoran pada karpet atau jok akan terhisap oleh evaporator AC sehingga akan menimbulkan aroma tidak sedap serta menumbuhkan jamur.
  2. Usahakan ketika mencuci mobil pastikan Condensor AC disemprot dengan air kencang, agar kotoran yang melekat pada condensor AC bisa lepas dan menghindari terjadinya keropos pada condensor AC. Kotoran yang dibiarkan lama pada condensor AC akan mengeras dan menyebabkan korosi pada condensor
  3. Cara Merawat AC mobil lainnya adalah degnan cara memperhatikan tempat parkir mobil anda jika anda memarkir dalam keadaan lama, usahakan memarkir mobil ditempat teduh. Kondisi mobil yang panas akan membuat proses mendinginkan ruangan mobil memakan waktu lama dan membuat beban kerja AC menjadi tinggi.
  4. Selalu memastikan extrafan kipas yang berada didepan condensor selalu hidup ketika AC dalam kondisi hidup. Extrafan yang mati dalam kondisi AC hidup dapat beresiko merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.
  5. Hindari merokok didalam mobil ketika kondisi AC menyala. Asap roko bisa terhisap AC dan mengotori Evaporator dan menimbulkan lendir tak sedap pada aroma AC
  6. Pastikan AC dalam kondisi mati ketika anda menghidupkan mesin mobil. Hal ini berlaku sebaliknya, matikan AC sebelum mesin mobil dimatikan.
  7. Selalu melakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua kondisi komponen AC. Mulai dari Compresor, Receiver Dyer, Condensor, Evaporator hingga Freon.

Demikianlah tips cara merawat AC mobil agar AC selalu dalam kondisi baik. Perawatan secara berkala pada AC mobil dapat memberikan manfaat AC mobil lebih tahan lama juga membuat udara yang keluar dari AC akan lebih dingin, segar dan beraroma sehat.

Previous
Next Post »