Dalam laporan yang dikeluarkan oleh NHTSA dan dikutip oleh AutoNews, unit kemudi bisa rusak tanpa peringatan. Akibatnya, setir bisa terlepas dari kolom kemudi.

Pembuat mobil tersebut menyalahkan pemasok atas kerusakan ini, menambahkan bahwa "tidak ada kendaraan Hyundai atau Genesis lain diluar laporan ini yang menggunakan unit kemudi yang sama atau memiliki rakitan kemudi dari jalur produksi yang dicurigai."

Yang terkena dampak adalah Hyundai Santa Fe 2018 yang dibuat dari bulan Juni sampai Desember di Korea Selatan, dan Santa Fe Sport, diproduksi di Alabama antara bulan Juli dan Oktober, dan Georgia, dari bulan Agustus hingga Oktober. Secara total, ada 43.491 Santa Fe yang terpengaruh oleh recall ini, sementara 8.456 unit lainnya ditarik ke Kanada untuk masalah yang sama.

Beruntung, Hyundai mengatakan tidak ada kecelakaan atau cedera yang terkait dengan masalah ini, namun ada laporan dari seorang pemilik di Amerika yang mengklaim bahwa setirnya terlepas, dan untungnya mobil itu sedang tidak bergerak.

Pemilik Santa Fe yang terkena dampak akan diberitahu oleh Hyundai mulai pertengahan Maret, dan teknisi akan mengganti seluruh unit kemudi jika perlu, tanpa dipungut biaya apapun. (carscoops 12/3/2018)